--> Tak Ada Nama Flores dalam Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia | Si Anak Aren

Tak Ada Nama Flores dalam Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Paus Fransiskus dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada 3-6 September 2024, namun tak ada nama Flores di dalam agenda kunjungannya.

Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia.

SIANAKAREN.COM Paus Fransiskus dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada 3-6 September 2024. Ini merupakan kunjungan kenegaraan dan pastoral dalam kapasitasnya sebagai pemimpin Gereja Katolik sedunia dan kepala negara Vatikan.

Kunjungan Apostolik ini bertujuan untuk menghadiri pertemuan religius dengan pemuka lintas agama di Indonesia.

Baca juga: Romo Max Regus Jadi Uskup Labuan Bajo, Total 5 Uskup di 'Vatikan Mini' Flores

Paus Fransiskus sendiri telah berencana mengunjungi Indonesia sejak tahun 2020, namun kunjungan tersebut tidak dapat dilaksanakan karena Pandemi Covid-19.

Agenda Paus Fransiskus tahun ini akan menjadi kunjungan historis setelah sebelumnya terakhir kali dilakukan Paus Yohanes Paulus II pada 8-12 Oktober 1989.

Setelah Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) merilis nama-nama panitia penerimaan Paus Fransiskus di Indonesia, kini muncul jadwal resmi mengenai kunjungan pemimpin Gereja Katolik itu.

Melansir Tempo.co dan beberapa sumber lain, disebutkan bahwa pada 3 September Paus Fransiskus akan terlebih dahulu menemui Presiden Jokowi di Istana Negara.

Baca juga: Ansy Lema Ungkap Kedekatannya dengan Uskup Labuan Bajo Mgr Max Regus

Kemudian pada 4 September, Paus akan melakukan kunjungan ke Gereja Katedral Jakarta.Keesokan harinya, Paus Fransiskus akan mengunjungi Masjid Istiqlal.

Setelah itu, Paus akan mengadakan pertemuan dengan para tokoh agama di Masjid Istiqlal Jakarta. Sore harinya, Paus akan mempersembahkan Misa Kudus dengan Umat Katolik di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Pada 6 September, Paus Fransiskus dijadwalkan meninggalkan Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Keuskupan Agung Jakarta, dari Jakarta Paus akan terbang ke  Port Moresby (Papua Nugini) Vanimo.

Di sana, Paus akan berkunjung mulai tanggal 6 hingga 9 September 2024.

Baca juga: Cerai dengan Bapa Sindi, Mama Sindi Pilih Romo Gusti Eks Pastor Paroki Kisol

Kemudian, Paus melanjutkan perjalanan ke Dili (Timor Leste) dari 9 hingga 11 September 2024; dan Singapura dari 11 hingga 13 September 2024.

Sebelumnya, beberapa sumber menyatakan bahwa Paus Fransiskus juga akan turut mengunjungi Flores, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Barat.

Namun dalam rilis resmi KWI, Flores tidak masuk dalam agenda kunjungan Paus Fransiskus.

Warga Flores, NTT mengaku sangat merindukan kehadiran pemimpin Gereja Katolik universal tersebut di tanah Flores yang kini telah menjadi satu-satunya daerah dengan mayoritas umat Katolik di Indonesia. 

Umat Katolik di pulau berjulukan Nusa Bunga ini telah mencapai 1,8 juta orang dengan lima wilayah keuskupan dan ratusan paroki.

Flores juga menjadi daerah penghasil imam Katolik terbanyak di dunia saat ini. Ribuan imam telah dikirim ke lebih dari 80 negara di dunia sebagai misionaris.

Pulau ini tumbuh bagai gandum di ladang yang subur, mekar dan harum ke seluruh dunia. Sebelum misi Tarekat SVD, Serikat Jesuit meletakkan dasar pijakan imam Katolik yang kokoh sebelum kongregasi yang didirikan St. Ignatius Loyola itu fokus penyebaran iman di pulau Jawa.

Flores kini adalah lahan yang sangat subur bagi persemaian benih panggilan. Berbeda dengan pulau lain di Indonesia yang krisis panggilan, peningkatan jumlah imam di Flores semakin tinggi dari tahun ke tahun.

Tahun ini, "pulau katolik" ini akan menorehkan sejarah monumental karena akan menahbiskan lebih dari 100 imam. Ini merupakan monumen sepanjang sejarah Gereja Katolik. 

Dalam Vita Consecrata pada 2 Februari 2023, Paus Fransiskus di hadapan utusan dari pelbagai kongregasi hidup bakti dengan tegas mengatakan jika ingin mencari anggota, panggilan, pergilah ke Indonesia, di sana ada sebuah pulau, Anda akan menemukan anggota baru.

Tentu, pulau yang dimaksud Bapa Suci adalah Flores atau yang memiliki nama asli Nusa Nipa (Pulau Ular), karena bentuknya seperti ular.

STFK Ledalero Maumere, yang kini berubah nama menjadi IFTK Ledalero, adalah lembaga pendidikan tinggi calon imam terbesar di dunia, demikian pengakuan sebuah lembaga internasional Faith Matters pada tahun 2019.

Di Flores terdapat lima seminari menengah yang tersebar di lima keuskupan. Di Keuskupan Larantuka ada Seminari San Dominggu Hokeng; di Keukupan Maumere ada Seminari Bunda Segala Bangsa; di Kuskupan Agung Ende ada Seminari St. Yohanes Berkhmans Todabelu; di Keuskupan Ruteng ada Seminari St. Pius Kisol dan di Keuskupan Labuan Bajo ada Seminari St. Yohanes Paulus II.

Tidak bisa dipungkiri, sumbangan Flores untuk Gereja Katolik lokal dan dunia sangat besar. Flores juga memiliki positioning politik yang tinggi di tingkat internasional.

Salah satu putra terbaik Flores, Pater Markus Solo Kewuta, SVD kini dipercayakan sebagai Staff Dikasterium untuk Dialog Umat Beragama di Takhta Suci Vatikan sejak tahun 2007 lalu. Pater Markus Solo berasal dari Lewouran, Kabupaten Flores Timur, Flores, NTT.

"Sayang, Paus tidak sampai ke Flores," tulis seorang warga Flores di sebuah grup WA ketika menanggapi kiriman sebuah poster jadwal kunjungan Paus ke Indonesia.

Pada Oktober 1989, Paus Yohanes Paulus II mencium tanah Flores ketika pertama kali meletakkan kakinya di Maumere.

Kala itu, Paus Yohanes Paulus II antara lain melakukan kunjungan ke Seminari Tinggi St. Petrus Ritapiret, salah satu seminari calon imam Diosesan untuk beberapa keuskupan di Flores dan Denpasar.

Paus Yohanes Paulus II sempat menginap di Seminari Ritapiret yang mana kamarnya kini telah menjadi "Tempat Ziarah Rohani" bagi umat Katolik di Maumere dan Flores.

Ekspresi spiritual umat Katolik Flores ini tidak terlepas dari kesucian hidup Paus Yohanes Paulus II yang kemudian dikanonisasi pada 27 April 2014 lalu.

Pada 11 Oktober 1989, di STFK Ledalero, Paus Yohanes Paulus II pernah berkata:

"Flores florete date odorem: Flores pulau bunga, mekar dan tebarkan harum (ke seluruh dunia)."

Dalam rasa kerinduan yang mendalam akan kenangan Bapa Suci sebelumnya yang pernah mencium tanah Flores, umat Katolik di Flores tahun ini pun berharap dan berdoa sungguh-sungguh agar Paus Fransiskus mengunjungi Flores, pulau yang indah di selatan Indonesia.

Pada Senin, 24 Juni 2024, para tokoh pemerintah, keusukupan dan kongregasi hidup bakti di Maumere akan menggelar FGD sebagai langkah koordinasi permohonan kunjungan Paus ke Flores.

"Umat Katolik Flores sangat mengharapkan berkat apostolik Paus Fransiskus untuk Flores langsung di tanah Flores," bunyi pernyataan para tokoh tersebut.*

COMMENTS

Entri yang Diunggulkan

Resmi Maju Pilgub NTT, Ansy Lema Mundur dari DPR RI

Calon Gubernur NTT Ansy Lema. SIANAKAREN.COM -- Bakal Calon Gubernur NTT dari PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema mengaj...

Nama

4 Wanita Pesta Miras,1,Ade Chaerunisa,1,Adonara,1,Advetorial,1,Aktor Politik,7,Anggota DPRD TTU,1,Ansy Lema,6,Ansy Lema for NTT,2,Apel Hari Pancasila Ende,1,Bandara Ende,1,Bandara Maumere,1,Bank NTT,1,Bapa Sindi,1,Bayi Menangis,1,Bela Negara,1,Bentrok Antar Gereja,1,Berita Flores,1,Bertrand Peto,1,Bertrand Pulang Kampung,1,Beta Cinta NTT,2,Betrand Peto,1,Cafe Alung,1,Calon Gubernur NTT,4,Calon Gubernur PDIP,1,Carlo Ancelotti,1,Dana Pensiun,1,Danau Kelimutu,1,Danau Tiga Warna,1,Degradasi Pancasila,1,Desa Fatunisuan,1,Doktor Filsafat dari Nagekeo,1,DPO Kasu Vina,1,DPRD Nagekeo,2,Dr. Sylvester Kanisius Laku,1,Elon Musk,1,Ende,3,Erupsi Gunung Lewotobi,2,Euro 2024,1,Film Vina,1,Flores,1,Flores NTT,1,Flores Timur,1,GABK,1,Gen Z,1,GPIB,1,Gubenur NTT,1,Gubernur NTT 2024,1,Gugat Cerai,1,Gunung Kelimutu,1,Gunung Lewotobi,2,Guru Remas Payudara,1,Hari Lahir Pancasila,1,Hasil Pertandingan Spanyol vs Kroasia,1,Hendrik Fonataba,1,Hukrim,23,Hukum-Kriminal,7,Humaniora,136,Insight,15,Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus,1,Jual Beli Tanah,1,Kadis Koperasi,1,Kaka Ansy,1,Kakek Sabono,1,Kata-Kata Elon Musk,1,Kata-Kata Inspiratif,2,Kejati NTT,2,Kekerasan Seksual di NTT,1,Keluarga Onsu,1,Kepsek di Rote Ndao,1,Kepsek di TTU,1,Keuskupan Labuan Bajo,1,Keuskupan Maumere,1,KKB,1,Komodo,1,Komuni Pertama,1,Korban Longsor,1,Kota Kupang,1,Kunjungan Paus ke Indonesia,1,Labuan Bajo,1,Lemondial Business School,1,Liga Champions,1,Longsor di Ende,1,Longsor di Flores,1,Longsor di Nagekeo,1,Mafia Tanah,1,Malaysia,1,Mama Sindi,1,Maumere Viral,1,Max Regus,1,Megawati,1,Megawati ke Ende,1,Mesum Dalam Mobil,1,Model Bali,1,Nagekeo,1,Nasional,45,Nenek Tenggelam,1,Nona Ambon,1,Pamulang,1,Panti Asuhan Naungan Kasih,1,Papua,1,Pariwisata,6,Paroki Nangahure,1,Pastor Paroki Kisol,1,Pater Budi Kleden SVD,1,Paulus Budi Kleden,2,Paus Fransiskus,2,Pegi alias Perong,2,Pegi Setiawan,2,Pekerja NTT di Malaysia,1,Pelaku Penikaman,1,Pemain Naturalisasi,1,Pemerkosaan Guru,1,Penggerebekan,1,Pensiunan Bank NTT,1,Piala Liga Champios,1,Pilgub NTT,1,Pilkada NTT,1,Pj Bupati Nagekeo,2,PMI NTT,1,Politik,3,Polres Sikka,1,Polresta Kupang Kota,1,Putra Nagekeo,1,Raimudus Nggajo,2,Raja UCL,1,Rasis NTT,1,Rekonsiliasi Kasus Pamulang,1,Remi Konradus,1,Romo Gusti,1,Romo Max Regus,1,Rote Ndao,1,Ruben Onsu,2,Sabono dan Nona Ambon,1,Sarwendah,2,Sengketa Lahan,1,Shayne Pattyanama,1,Sikka,1,Solar Panel Listrik,1,Spanyol vs Kroasia,1,Status Gunung Kelimutu,1,STF Driyarkara,1,Sumba,1,Sumba Tengah,1,Survei Charta Politika,1,Suster Inosensi,1,Tanah Longsor,1,Tenaga Kerja NTT,1,Tersangka EP,1,TPNPM-OPM,1,TTU,2,Universalia,3,Uskup Agung Ende,3,Uskup Baru,3,Uskup Labuan Bajo,2,Uskup Max Regus,1,Veronika Lake,1,Video Panas,1,Vina Cirebon,2,Viral NTT,1,Wanita Open BO,1,Yohanis Fransiskus Lema,3,
ltr
item
Si Anak Aren: Tak Ada Nama Flores dalam Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia
Tak Ada Nama Flores dalam Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia
Paus Fransiskus dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada 3-6 September 2024, namun tak ada nama Flores di dalam agenda kunjungannya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2A9MZ7GMHNlQiDjmR-vhTcWCzmgn8sb-T15PTodNJFHw4haWH1mIpPCtoAfWpZbzSyLia6nVfPnzLfTTvQOm7drp3g2eUNquOagDEyPrg3TCrMe0xCZNs7F0H0C-mBSCpeLXj-vHhLoQi48YekukUf09MdJ1eEoRbMXg8JqZa3Vng4hAR6aj1uN_Hhlw/w653-h359/Tak%20Ada%20Nama%20Flores%20dalam%20Jadwal%20Kunjungan%20Paus%20Fransiskus%20ke%20Indonesia.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2A9MZ7GMHNlQiDjmR-vhTcWCzmgn8sb-T15PTodNJFHw4haWH1mIpPCtoAfWpZbzSyLia6nVfPnzLfTTvQOm7drp3g2eUNquOagDEyPrg3TCrMe0xCZNs7F0H0C-mBSCpeLXj-vHhLoQi48YekukUf09MdJ1eEoRbMXg8JqZa3Vng4hAR6aj1uN_Hhlw/s72-w653-c-h359/Tak%20Ada%20Nama%20Flores%20dalam%20Jadwal%20Kunjungan%20Paus%20Fransiskus%20ke%20Indonesia.jpg
Si Anak Aren
https://www.sianakaren.com/2024/06/tak-ada-nama-flores-dalam-jadwal-kunjungan-paus-fransiskus-ke-indonesia.html
https://www.sianakaren.com/
https://www.sianakaren.com/
https://www.sianakaren.com/2024/06/tak-ada-nama-flores-dalam-jadwal-kunjungan-paus-fransiskus-ke-indonesia.html
true
135189290626829409
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy