--> Putra Nagekeo NTT Raih Doktor Filsafat di STF Driyarkara dengan Predikat Summa Cumlaude | Si Anak Aren

Putra Nagekeo NTT Raih Doktor Filsafat di STF Driyarkara dengan Predikat Summa Cumlaude

Putra terbaik Nagekeo di Provinsi NTT, Sylvester Kanisius Laku, berhasil meraih gelar Doktor Filsafat pada Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara.

Putra Nagekeo Dr. Sylvester Kanisius Laku bersama para penguji di Sidang Terbuka, Selasa (18/6).


SIANAKAREN.COM -- Salah satu putra terbaik Nagekeo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sylvester Kanisius Laku, berhasil meraih gelar Doktor Filsafat pada Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara.

Gelar akademis tersebut diraihnya setelah mempertahankan disertasi yang berjudul: "Politik Inklusi dan Keadilan: Tinjauan Filosofis terhadap Konsep Komunikasi Inklusif Iris Marion Young dan Perannya bagi Demokrasi" dalam Sidang Terbuka di Kampus STF Driyarkara, Selasa (18/6).

Baca juga: Sedih, 2 PMI Asal NTT Meninggal di Malaysia, 1 Dibunuh Adik Ipar

Sidang Terbuka dipimpin Dr. S.P. Lili Tjahjadi yang sekaligus menjadi Penguji, beranggotakan Dr. Karlina Supelli selaku Promotor dan Penguji, Prof. Dr. J. Sudarminta selaku Co-Promotor I dan Penguji, Dr. Pius Sugeng Prawetyo selaku Co-Promotor II dan Penguji, serta dua Penguji lainnya yaitu Dr. Robertus Robert dan Dr. A. Widyarsono.

Di hadapan para penguji yang merupakan Guru Besar dan Doktor STF Driyarkara, pria kelahiran Mauponggo, 9 Juni 1972 ini dengan begitu yakin mempresentasikan penelitian ilmiahnya dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan (summa cumlaude).

"Kami sampaikan hasil rapat Yudisium kami, Saudara Sylvester Kanisius Laku kami nyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan," ujar Dr. Lili selaku Ketua Sidang yang disambut tepuk tangan hadirin.

Baca juga: Muka Tak Sesuai Michat, Remaja di Kupang Batalkan Wanita BO, Berujung Laporan Polisi

Penyerahan Ijasah Doktoral kepada Dr. Kanisius Laku.

Dengan pencapaian akademis ini, Kanisius menjadi doktor ke-44 di STF Driyarkara dan doktor ketiga Universitas Parahyangan Bandung yang lulus di STF Driyarkara.

Ketika memulai untuk menguji penelitian Kanisius, para penguji menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kanisius atas ketekunannya dalam menyelesaikan disertasi doktoral yang begitu rumit.

Menurut mereka, penelitian Kanisius merupakan hal yang baru dalam perkembangan pemikiran politik deliberatif di tanah air. Kanisius memperlihatkan kejernihan berpikir untuk meletakkan kelemahan teori komunikasi inklusif Iris Marion Young yang terlalu informalitas dengan menambalnya melalui teori retorika tiga dimensi Bruce McComiskey.

Foto bersama Dr. Kanisius Laku dengan para penguji dan keluarga inti.


Dr. Karlina Supelli dalam pernyataan akhir di penghujung Sidang Terbuka menyampaikan apresiasi kepada Kanisius karena dianggap berhasil membedah teori Iris Marion Young yang begitu kompleks.

Menurut dia, Young bukan hanya pemikir politik kontemporer tapi skema pemikirannya dibangun oleh teori-teori feminis, emansipasi, ketidakadilan dan pengalaman konkret perempuan ang terpinggirkan dan kelompok minoritas lain.

Oleh karena karya penelitian yang luar biasa tersebut, Dr. Karlina meminta agar karya penelitian Kanisius diterbitkan menjadi buku sehingga bisa dipelajari banyak orang, terutama aktor politik.

Selain itu, kiranya penelitian Kanisius dapat memicu penelitian lain di kemudian hari untuk melihat relevansi teori retorika dialektis tiga dimensi dengan realitas bangsa Indonesia yang begitu informalitas.

"Penelitian Anda nanti diwajibkan untuk terbit karena persis itu yang harus dibaca banyak orang, memberi sumbangan karena melalui pemikiran Iris Marion Young Anda menunjukkan titik yang gelap dari teori demokrasi deliberatif yang menyebabkan kelompok terpinggirkan diakui keberadaan tapi suaranya tidak didengar hanya karena cara menuturkannya hanya melalui narasi, drama, puisi, padahal bagi rakyat kecil seringkali drama, puisi, Ludruk, merupakan bentuk kritik terhadap pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, Kanisius mengucapkan terima kasih kepada para Penguji, Promotor dan berbagai pihak yang telah membantu dan mendukung penyelesaian studinya di STF Driyarkara.

"Terima kasih terbesar dan penuh kasih saying saya sampaikan kepada keluarga Laku dan Pasaribu, terutama istri dan kedua putri atas doa yang tiada henti," imbuh putra Nagekeo ini.

Baca juga: Praka Hendrik Tewas Ditembak KKB, Sosoknya Dikenal Dekat dengan Warga

Foto bersama tokoh muda Nagekeo.

Profil Dr. Kanisius Laku

Adapun, saat ini Kanisius merupakan dosen tetap pada Fakultas Filsafat Unpar. 

Sebelum menjadi dosen, ia merupakan calon imam Keuskupan Sintang yang mengikuti pendidikan di Fakultas Filsafat Unpar. Namun karena tidak melanjutkan pendidikan calon imam, Kanisius kemudian memilih berkarya sebagai dosen luar biasa di UPT MKU Unpar pada tahun 2001.

Pendidikan calon imam mula-mula ditempuhnya di Seminari KPA St. Paulus Mataloko di Ngada, yang dulunya biasa dikenal dengan Seminari Sintang. 

Penamaan ini karena prioritas pendidikan calon imam saat itu adalah mengirim para seminaris untuk melanjutkan pendidikan ke seminari tinggi di Keuskupan Sintang.

Namun dalam perjalanan waktu, seminari menengah ini dikelola Ordo Karmel dan memungkinkan para seminaris bisa memilih berbagai tarekat religius.

Sebelum masuk ke Seminari KPA Mataloko, Kanisius menempuh pendidikan menengah di SMAS Regina Pacis Bajawa, salah satu SMA berprestasi di Ngada.

Sementara, pendidikan dasar dan SMP diselesaikannya di Mauponggo, Nagekeo.

Oleh karena ayahnya merupakan seorang anggota Polri, pendidikan dasarnya sering berpindah-pindah mengikuti penugasan kedinasan dari ayahnya.*

Proficiat untuk Dr. Sylvester Kanisius Laku!

COMMENTS

Entri yang Diunggulkan

Video Panas 6 Menit Kakek Sabono dan Nona Ambon Viral

Tersangka video panas Kakek Sabono dan Nona Ambon. SIANAKAREN.COM -- Video mesum antara Kakek Paulus Sabono (62) dan perempuan muda berinis...

Nama

4 Wanita Pesta Miras,1,Ade Chaerunisa,1,Adonara,1,Advetorial,1,Aktor Politik,7,Ansy Lema,4,Ansy Lema for NTT,2,Apel Hari Pancasila Ende,1,Bandara Ende,1,Bandara Maumere,1,Bank NTT,1,Bapa Sindi,1,Bayi Menangis,1,Bela Negara,1,Bentrok Antar Gereja,1,Berita Flores,1,Bertrand Peto,1,Bertrand Pulang Kampung,1,Beta Cinta NTT,1,Betrand Peto,1,Cafe Alung,1,Calon Gubernur NTT,2,Carlo Ancelotti,1,Dana Pensiun,1,Danau Kelimutu,1,Danau Tiga Warna,1,Degradasi Pancasila,1,Doktor Filsafat dari Nagekeo,1,DPO Kasu Vina,1,DPRD Nagekeo,2,Dr. Sylvester Kanisius Laku,1,Elon Musk,1,Ende,3,Erupsi Gunung Lewotobi,2,Euro 2024,1,Film Vina,1,Flores,1,Flores NTT,1,Flores Timur,1,GABK,1,Gen Z,1,GPIB,1,Gubernur NTT 2024,1,Gugat Cerai,1,Gunung Kelimutu,1,Gunung Lewotobi,2,Guru Remas Payudara,1,Hari Lahir Pancasila,1,Hasil Pertandingan Spanyol vs Kroasia,1,Hendrik Fonataba,1,Hukrim,23,Hukum-Kriminal,7,Humaniora,135,Insight,15,Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus,1,Jual Beli Tanah,1,Kadis Koperasi,1,Kakek Sabono,1,Kata-Kata Elon Musk,1,Kata-Kata Inspiratif,2,Kejati NTT,2,Kekerasan Seksual di NTT,1,Keluarga Onsu,1,Kepsek di Rote Ndao,1,Kepsek di TTU,1,Keuskupan Labuan Bajo,1,Keuskupan Maumere,1,KKB,1,Komodo,1,Komuni Pertama,1,Korban Longsor,1,Kota Kupang,1,Kunjungan Paus ke Indonesia,1,Labuan Bajo,1,Lemondial Business School,1,Liga Champions,1,Longsor di Ende,1,Longsor di Flores,1,Longsor di Nagekeo,1,Mafia Tanah,1,Malaysia,1,Mama Sindi,1,Maumere Viral,1,Max Regus,1,Megawati,1,Megawati ke Ende,1,Mesum Dalam Mobil,1,Model Bali,1,Nagekeo,1,Nasional,45,Nenek Tenggelam,1,Nona Ambon,1,Pamulang,1,Panti Asuhan Naungan Kasih,1,Papua,1,Pariwisata,6,Paroki Nangahure,1,Pastor Paroki Kisol,1,Pater Budi Kleden SVD,1,Paulus Budi Kleden,2,Paus Fransiskus,2,Pegi alias Perong,2,Pegi Setiawan,2,Pekerja NTT di Malaysia,1,Pelaku Penikaman,1,Pemain Naturalisasi,1,Pemerkosaan Guru,1,Penggerebekan,1,Pensiunan Bank NTT,1,Piala Liga Champios,1,Pilkada NTT,1,Pj Bupati Nagekeo,2,PMI NTT,1,Politik,1,Polres Sikka,1,Polresta Kupang Kota,1,Putra Nagekeo,1,Raimudus Nggajo,2,Raja UCL,1,Rasis NTT,1,Rekonsiliasi Kasus Pamulang,1,Remi Konradus,1,Romo Gusti,1,Romo Max Regus,1,Rote Ndao,1,Ruben Onsu,2,Sabono dan Nona Ambon,1,Sarwendah,2,Sengketa Lahan,1,Shayne Pattyanama,1,Sikka,1,Spanyol vs Kroasia,1,Status Gunung Kelimutu,1,STF Driyarkara,1,Sumba,1,Sumba Tengah,1,Survei Charta Politika,1,Suster Inosensi,1,Tanah Longsor,1,Tenaga Kerja NTT,1,Tersangka EP,1,TPNPM-OPM,1,TTU,1,Universalia,3,Uskup Agung Ende,3,Uskup Baru,3,Uskup Labuan Bajo,2,Uskup Max Regus,1,Video Panas,1,Vina Cirebon,2,Viral NTT,1,Wanita Open BO,1,Yohanis Fransiskus Lema,2,
ltr
item
Si Anak Aren: Putra Nagekeo NTT Raih Doktor Filsafat di STF Driyarkara dengan Predikat Summa Cumlaude
Putra Nagekeo NTT Raih Doktor Filsafat di STF Driyarkara dengan Predikat Summa Cumlaude
Putra terbaik Nagekeo di Provinsi NTT, Sylvester Kanisius Laku, berhasil meraih gelar Doktor Filsafat pada Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9OUd5QnobaSqhGHEtCsuA9Bjgx8y83KfMpP8h0a4MX41OmR5bvdzuwKIoVe-o_im-S_JMuu_f_BLQr2uPIpu-AmlKoMIPjuIV4CY82skuWdymwccCVaC-f2XdkivY2Yb_SCSvUWUn5ujJQkE9aBdlYcbUKfaZ_D9NhX3-Ca1Hj5fjsrxfuye3lWM4syg/w656-h321/Putra%20Nagekeo%20NTT%20Raih%20Doktor%20Filsafat%20di%20STF%20Driyarkara%20dengan%20Predikat%20Summa%20Cumlaude.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9OUd5QnobaSqhGHEtCsuA9Bjgx8y83KfMpP8h0a4MX41OmR5bvdzuwKIoVe-o_im-S_JMuu_f_BLQr2uPIpu-AmlKoMIPjuIV4CY82skuWdymwccCVaC-f2XdkivY2Yb_SCSvUWUn5ujJQkE9aBdlYcbUKfaZ_D9NhX3-Ca1Hj5fjsrxfuye3lWM4syg/s72-w656-c-h321/Putra%20Nagekeo%20NTT%20Raih%20Doktor%20Filsafat%20di%20STF%20Driyarkara%20dengan%20Predikat%20Summa%20Cumlaude.jpg
Si Anak Aren
https://www.sianakaren.com/2024/06/putra-nagekeo-ntt-raih-doktor-filsafat-di-stf-driyarkara-dengan-predikat-summa-cumlaude.html
https://www.sianakaren.com/
https://www.sianakaren.com/
https://www.sianakaren.com/2024/06/putra-nagekeo-ntt-raih-doktor-filsafat-di-stf-driyarkara-dengan-predikat-summa-cumlaude.html
true
135189290626829409
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy