--> Kasus 'Rosario', Ansy Lema Saksi Rekonsiliasi Mahasiswa NTT dan Warga Pamulang | Si Anak Aren

Kasus 'Rosario', Ansy Lema Saksi Rekonsiliasi Mahasiswa NTT dan Warga Pamulang

Bakal Calon Gubenur NTT Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema ikut menyaksikan upaya rekonsiliasi kasus penganiayaan mahasiswa NTT di Pamulang.

Ansy Lema saksi rekonsiliasi mahasiswa NTT dan warga Pamulang.

SIANAKAREN.COM -- Bakal Calon Gubenur NTT Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema ikut menyaksikan upaya rekonsiliasi kasus penggerebekan hingga penganiayaan yang menimpa mahasiswa Katolik asal NTT di Pamulang, Tangerang Selatan, pada 5 Mei 2024 lalu.

Upaya rekonsiliasi tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan perdamaian antara korban dan warga Pamulang.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 7 Juni 2024, dan disaksikan langsung Walikota Tangerang Selatan, Drs. Benyamin Davnie dan jajaran Forkompinda, Camat dan Lurah, dan anggota Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB).

Hadir pula sesepuh dan pengurus Persaudaraan Timor Raya (PETIR) dan wartawan.

Dalam kesempaatan itu, para mahasiswa sebagai korban dan perwakilan warga RT 007/RW 002, Kampung Poncol, Kelurahan Babakan saling memaafkan dan berdamai di rumah dinas Walikota Tangerang Selatan, Drs. Benyamin Davnie.

Dengan demikian, kasus tersebut telah diselesaikan secara kekeluargaan oleh kedua belah pihak.

Ketika didaulat memberikan pesan damai, Ansy Lema memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para korban, warga dan pemerintah Kota Tangerang Selatan yang berhasil mencapai kesepakatan damai. 

Ansy menekankan pentingnya membangun dialog, mengikis prasangka buruk dengan dasar semangat inklusif dan sikap toleran antar anak bangsa.

"Apa yang kita saksikan hari ini adalah wujud nyata persaudaraan sesama anak bangsa. Indonesia negara majemuk, plural, dan beragam. Menata kehidupan beragam seperti Indonesia tentu tidak mudah. Butuh dialog dari hati ke hati, kedepankan semangat inklusif, dan sikap toleran," katanya.

Menurut Anggota DPR RI Komisi IV ini apa yang ditunjukkan Aurel selaku mahasiswa NTT korban kekerasan dan teman-temannya terhadap warga patut diapresiasi.

"Tanggung jawab kita semua membangun persaudaraan sejati dalam sprit Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Ansy.

Ansy menjelaskan, pendiri Republik Indonesia Bung Karno pernah empat tahun diasingkan di kampungnya, Ende-Flores pada tahun 1934-1938.

Bung Karno tinggal bersama komunitas Muslim, tetapi bergaul erat dengan para pastor Katolik dan masyarakat setempat yang adalah nasrani atau kristiani.

Pendiri Republik Bung Karno telah memberikan contoh bagaimana hidup damai dalam kebhinekaan, bersatu dalam kebhinekaan, bhineka dalam persatuan.

"Toleransi dalam bingkai kebhinekaan telah diawali pendiri Republik ini jauh sebelum Indonesia merdeka. Bahkan, Bung Karno secara jelas mengatakan dari Ende lah Pancasila dilahirkan. Dan kita lihat, poin penting dari Pancasila adalah menjaga kebhinekaan ini," paparnya. 

Menurut Ansy, warga negara di Indonesia sebagai anak bangsa memiliki tanggung jawab untuk merawat kebhinekaan sebagai aset, bukan beban. Persatuan harus dibangun di atas kebhinekaan. Indonesia memang tidak seragam, tetapi perbedaan harusnya merekatkan, bukan meretakkan. 

"Kita berikan dukungan yang konkrit kepada Pak Walikota sebagai orang tua kita di Tangerang Selatan yang membuka rumah Tangerang Selatan untuk semua. Kami dari NTT, dari Indonesia Timur mengucapkan terimakasih. Semuanya diakhiri dengan indah, yakni dengan persaudaraan," ucapnya.

Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengapresiasi semua pihak yang berkontribusi sehingga rekonsiliasi peristiwa Tangerang Selatan dapat tercapai. 

Ia menegaskan bahwa Kota Tangerang Selatan adalah kota yang aman dan nyaman untuk semua suku dan agama. Kota Tangerang Selatan adalah rumah bersama bagi seluruh anak bangsa.

"Jadi kita semua saling meminta maaf dan memberi maaf, karena kita adalah anak bangsa. Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Sama, kita juga berharap, ini pelajaran yang paling berharga di kehidupan kita. Dan ini tidak boleh terulang lagi," ungkapnya.

Sampai peristiwa ini berlangsung, polisi telah menetapkan dan terus memproses empat tersangka kasus pengeroyokan terhadap mahasiswa Katolik yang sementara berdoa Rosario di Tangerang Selatan.*

COMMENTS

Entri yang Diunggulkan

Resmi Maju Pilgub NTT, Ansy Lema Mundur dari DPR RI

Calon Gubernur NTT Ansy Lema. SIANAKAREN.COM -- Bakal Calon Gubernur NTT dari PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema mengaj...

Nama

4 Wanita Pesta Miras,1,Ade Chaerunisa,1,Adonara,1,Advetorial,1,Aktor Politik,7,Anggota DPRD TTU,1,Ansy Lema,6,Ansy Lema for NTT,2,Apel Hari Pancasila Ende,1,Bandara Ende,1,Bandara Maumere,1,Bank NTT,1,Bapa Sindi,1,Bayi Menangis,1,Bela Negara,1,Bentrok Antar Gereja,1,Berita Flores,1,Bertrand Peto,1,Bertrand Pulang Kampung,1,Beta Cinta NTT,2,Betrand Peto,1,Cafe Alung,1,Calon Gubernur NTT,4,Calon Gubernur PDIP,1,Carlo Ancelotti,1,Dana Pensiun,1,Danau Kelimutu,1,Danau Tiga Warna,1,Degradasi Pancasila,1,Desa Fatunisuan,1,Doktor Filsafat dari Nagekeo,1,DPO Kasu Vina,1,DPRD Nagekeo,2,Dr. Sylvester Kanisius Laku,1,Elon Musk,1,Ende,3,Erupsi Gunung Lewotobi,2,Euro 2024,1,Film Vina,1,Flores,1,Flores NTT,1,Flores Timur,1,GABK,1,Gen Z,1,GPIB,1,Gubenur NTT,1,Gubernur NTT 2024,1,Gugat Cerai,1,Gunung Kelimutu,1,Gunung Lewotobi,2,Guru Remas Payudara,1,Hari Lahir Pancasila,1,Hasil Pertandingan Spanyol vs Kroasia,1,Hendrik Fonataba,1,Hukrim,23,Hukum-Kriminal,7,Humaniora,136,Insight,15,Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus,1,Jual Beli Tanah,1,Kadis Koperasi,1,Kaka Ansy,1,Kakek Sabono,1,Kata-Kata Elon Musk,1,Kata-Kata Inspiratif,2,Kejati NTT,2,Kekerasan Seksual di NTT,1,Keluarga Onsu,1,Kepsek di Rote Ndao,1,Kepsek di TTU,1,Keuskupan Labuan Bajo,1,Keuskupan Maumere,1,KKB,1,Komodo,1,Komuni Pertama,1,Korban Longsor,1,Kota Kupang,1,Kunjungan Paus ke Indonesia,1,Labuan Bajo,1,Lemondial Business School,1,Liga Champions,1,Longsor di Ende,1,Longsor di Flores,1,Longsor di Nagekeo,1,Mafia Tanah,1,Malaysia,1,Mama Sindi,1,Maumere Viral,1,Max Regus,1,Megawati,1,Megawati ke Ende,1,Mesum Dalam Mobil,1,Model Bali,1,Nagekeo,1,Nasional,45,Nenek Tenggelam,1,Nona Ambon,1,Pamulang,1,Panti Asuhan Naungan Kasih,1,Papua,1,Pariwisata,6,Paroki Nangahure,1,Pastor Paroki Kisol,1,Pater Budi Kleden SVD,1,Paulus Budi Kleden,2,Paus Fransiskus,2,Pegi alias Perong,2,Pegi Setiawan,2,Pekerja NTT di Malaysia,1,Pelaku Penikaman,1,Pemain Naturalisasi,1,Pemerkosaan Guru,1,Penggerebekan,1,Pensiunan Bank NTT,1,Piala Liga Champios,1,Pilgub NTT,1,Pilkada NTT,1,Pj Bupati Nagekeo,2,PMI NTT,1,Politik,3,Polres Sikka,1,Polresta Kupang Kota,1,Putra Nagekeo,1,Raimudus Nggajo,2,Raja UCL,1,Rasis NTT,1,Rekonsiliasi Kasus Pamulang,1,Remi Konradus,1,Romo Gusti,1,Romo Max Regus,1,Rote Ndao,1,Ruben Onsu,2,Sabono dan Nona Ambon,1,Sarwendah,2,Sengketa Lahan,1,Shayne Pattyanama,1,Sikka,1,Solar Panel Listrik,1,Spanyol vs Kroasia,1,Status Gunung Kelimutu,1,STF Driyarkara,1,Sumba,1,Sumba Tengah,1,Survei Charta Politika,1,Suster Inosensi,1,Tanah Longsor,1,Tenaga Kerja NTT,1,Tersangka EP,1,TPNPM-OPM,1,TTU,2,Universalia,3,Uskup Agung Ende,3,Uskup Baru,3,Uskup Labuan Bajo,2,Uskup Max Regus,1,Veronika Lake,1,Video Panas,1,Vina Cirebon,2,Viral NTT,1,Wanita Open BO,1,Yohanis Fransiskus Lema,3,
ltr
item
Si Anak Aren: Kasus 'Rosario', Ansy Lema Saksi Rekonsiliasi Mahasiswa NTT dan Warga Pamulang
Kasus 'Rosario', Ansy Lema Saksi Rekonsiliasi Mahasiswa NTT dan Warga Pamulang
Bakal Calon Gubenur NTT Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema ikut menyaksikan upaya rekonsiliasi kasus penganiayaan mahasiswa NTT di Pamulang.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPq21pti3pSfMKtNa3D5yqHYy4J-j082gwTk-gDis6aAKyyjAR8VRaK0qqrQcwmawQQlEF4vnehB0dXs1tD69FeoVWBJysv3S7lC_R9atikQEn1GsebEmMYtHan9af3rEqw0dMAyTBaLxSgJVgNaM5PaIVntP1fMR6GmGOKLHbZlh_y_sCw9GmUAewxHA/w654-h343/Ansy%20Lema%20Saksi%20Rekonsiliasi%20Mahasiswa%20NTT%20dan%20Warga%20Pamulang.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPq21pti3pSfMKtNa3D5yqHYy4J-j082gwTk-gDis6aAKyyjAR8VRaK0qqrQcwmawQQlEF4vnehB0dXs1tD69FeoVWBJysv3S7lC_R9atikQEn1GsebEmMYtHan9af3rEqw0dMAyTBaLxSgJVgNaM5PaIVntP1fMR6GmGOKLHbZlh_y_sCw9GmUAewxHA/s72-w654-c-h343/Ansy%20Lema%20Saksi%20Rekonsiliasi%20Mahasiswa%20NTT%20dan%20Warga%20Pamulang.jpg
Si Anak Aren
https://www.sianakaren.com/2024/06/kasus-rosario-ansy-lema-saksi-rekonsiliasi-mahasiswa-ntt-dan-warga-pamulang.html
https://www.sianakaren.com/
https://www.sianakaren.com/
https://www.sianakaren.com/2024/06/kasus-rosario-ansy-lema-saksi-rekonsiliasi-mahasiswa-ntt-dan-warga-pamulang.html
true
135189290626829409
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy