--> Gercep, Ansy Lema Sudah Kantongi Nama Cawagub yang Sesuai 4 Kriteria 'TAS' | Si Anak Aren

Gercep, Ansy Lema Sudah Kantongi Nama Cawagub yang Sesuai 4 Kriteria 'TAS'

Ansy Lema mengatakan sudah mengantongi nama Cawagub yang akan mendampinginya di Pemilihan Gubernur NTT periode 2024-2029.

Bakal calon gubernur NTT Ansy Lema.

SIANAKAREN.COM -- Calon Gubernur NTT, Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema langsung tancap gas setelah resmi menerima mandat dari DPP PDI Perjuangan sebagai Calon Gubernur NTT pada Rabu, 26 Juni 2024.

Ansy Lema yang saat ini menjadi anggota Komisi IV DPR RI ini melakukan serangkaian langkah koordinasi dan komunikasi politik dengan sejumlah pihak.

Baca juga: Jam 04.00 Pagi, Suster di Ende Temukan Bayi Perempuan Tanpa Identitas di Depan Kapela

Salah satu langkah prioritasnya adalah menemukan pasangan calon wakil gubernur (cawagub) yang tepat untuk maju dalam kontestasi Pilgub NTT 2024.

Mantan Juru Bicara Ahok ini mengatakan sudah mengantongi nama Cawagub yang akan mendampinginya di Pemilihan Gubernur NTT periode 2024-2029.

Ansy mengaku sudah melakukan komunikasi dengan bakal cawagub yang akan mendampinginya dan pada saat yang tepat akan diumumkan kepada publik. 

Ia mengaku, ia telah mempertimbangkan bacawagub yang akan mendampinginya berdasarkan berbagai aspek.

"Salah satu langkah awal yang menjadi prioritas saya adalah menemukan calon wakil yang tepat," katanya di Jakarta, Jumat, 28 Juni 2024.

Baca juga: Video Panas 6 Menit Kakek Sabono dan Nona Ambon Viral

4 Kriteria 'TAS'

Menurut politisi generasi baru NTT ini, terdapat beberapa kriteria yang akan mendasari pilihannya.Kriteria tersebut diberi terminologi "TAS".

TAS yang pertama adalah spiritualitas. Kriteria ini terkait dengan sikap takut akan Tuhan. Ia lantas menjelaskan, pemimpin yang "Takut akan Tuhan" adalah pemimpin yang memimpin dengan hikmat Tuhan. 

Takut akan Tuhan adalah permulaan hikmat. Artinya, figur cawagub selalu berusaha mencari dan menemukan kehendak Tuhan ketika merencanakan, memutuskan dan melaksanakan kebijakan-kebijakan publik. 

Bekerja tulus mewujudkan kesejahteraan, keadilan dan kemanusiaan adalah prinsip-prinsip yang sejalan dengan ajaran Tuhan.

Ansy menjelaskan, pemimpin yang "Takut akan Tuhan" selalu mencari tuntunan ilahi dalam mengemban setiap tugas akan memotivasi seorang pemimpin dalam mengejawantahkan nilai-nilai spiritualitas dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Inilah prinsip “TAS” pertama, yaitu spiritualiTAS dalam kepemimpinan publik. Jika memulai sesuatu dilandasi dengan tuntunan ilahi, maka seorang pejabat publik akan terdorong untuk selalu melayani kebutuhan sesama, solider, berempati pada kepentingan umum, dan berpihak pada mereka yang lemah dan terabaikan," jelasnya.

Kriteria “TAS” kedua, lanjut Ansy, adalah memiliki integritas. Integritas menyangkut relasi antara pemimpin dengan keutamaan karakter atau nilai-nilai (values) yang hidup dalam diri pemimpin. 

“Jadi cawagub yang memiliki integritas adalah pemimpin yang jujur, bersih, berani, rela berkorban, taat konstitusi, tulus, dan lurus. Ini penting supaya kami siap pasang badan, kerja profesional, dan mengabdi kepada siapa saja tanpa pandang bulu,” tegas Ansy. 

Kriteria “TAS” ketiga adalah kapasitas. Kapasitas berhubungan dengan kompetensi, dalam arti pemimpin harus memiliki visi yang jelas dan terukur, mampu menjalankan visi dengan meyakinkan serta mampu mencari solusi atas berbagai halangan. 

Karena itu, Ansy menekankan Cawagub harus mengerti tentang persoalan NTT, potensi NTT, mengkoordinasikannya untuk menemukan solusi, serta mampu mewujudkannya dalam kebijakan lewat kerja nyata di lapangan. 

“Bicara kapasitas dan kompetensi adalah bicara soal “isi kepala” pemimpin (quality of discourse) dan kecerdasan teknokratik. Ia tidak hanya berpikir, tetapi mampu menjalankan pikirannya tersebut dalam kerja-kerja nyata dengan output yang jelas dan terukur,” jabar Ansy. 

Kriteria “TAS” keempat, sambung Ansy, adalah cawagub harus memiliki jaminan potensi elektabilitas. Elektabilitas menyangkut relasi antara pemimpin dengan konstituen, karena berkaitan dengan politik representasi atau legitimasi tingkat keterpilihan figur cawagub di masyarakat.

Ansy percaya, cawagub yang memiliki rekam jejak spiritualitas, integritas dan kapasitas dapat membentuk pasangan dwitunggal yang solid, kompak, siap, dan memiliki komitmen untuk membuat lompatan pembangunan di NTT.

“Saya percaya cawagub yang takut akan Tuhan, berintegritas, dan berkapasitas dapat meningkatkan elektabilitasnya, yang memberi insentif elektoral kepada saya. Artinya, keunggulan politik nilai akan terkonversi menjadi politik angka elektoral. Keunggulan nilai dan karakter personal cawagub akan membuatnya bersinar, dan kemudian mendongkrak elektabilitas,” ujarnya. 

Selain empat kriteria “TAS”, aktivis 98 ini berharap, figur cawagub juga harus memiliki semangat inklusif, toleran dan merangkul keberagaman.

Ansy beralasan, pemimpin inklusif sangat penting karena NTT adalah miniatur NKRI. Provinsi di tenggara Indonesia ini memiliki keanekaan budaya, bahasa, dan agama. 

Maka figur yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin adalah seseorang yang mampu merangkul kebhinekaan dan hadir di tengah keanekaragaman tersebut. 

Pemimpin adalah perekat kebhinekaan, bukan peretak keberagaman.

"Yang mampu memahami dan menghargai orang lain yang berasal dari latar belakang berbeda. Cawagub harus pandai merajut tenun kebhinekaan di NTT," sambung Ansy.

Ansy Lema calon gubernur NTT 2024.

Konsern pada Isu Perempuan dan Anak

Politisi yang akrab disapa dengan panggilan Kaka Ansy itu juga berharap cawagub memiliki perhatian dan kepedulian terhadap isu perempuan dan kesetaraan gender, kesehatan dan pendidikan, pertanian dan perikanan, pemberdayaan milenial dan gen Z serta peningkatan kualitas sumber daya manusia di NTT. 

“Selain itu, cawagub harus memiliki keberpihakan kepada konservasi ekologi yang melibatkan masyarakat adat, pro investasi yang ramah ekologis dan pro rakyat, serta mendukung penuh pembukaan lapangan kerja baru,” ungkapnya.*

COMMENTS

Entri yang Diunggulkan

Resmi Maju Pilgub NTT, Ansy Lema Mundur dari DPR RI

Calon Gubernur NTT Ansy Lema. SIANAKAREN.COM -- Bakal Calon Gubernur NTT dari PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema mengaj...

Nama

4 Wanita Pesta Miras,1,Ade Chaerunisa,1,Adonara,1,Advetorial,1,Aktor Politik,7,Anggota DPRD TTU,1,Ansy Lema,6,Ansy Lema for NTT,2,Apel Hari Pancasila Ende,1,Bandara Ende,1,Bandara Maumere,1,Bank NTT,1,Bapa Sindi,1,Bayi Menangis,1,Bela Negara,1,Bentrok Antar Gereja,1,Berita Flores,1,Bertrand Peto,1,Bertrand Pulang Kampung,1,Beta Cinta NTT,2,Betrand Peto,1,Cafe Alung,1,Calon Gubernur NTT,4,Calon Gubernur PDIP,1,Carlo Ancelotti,1,Dana Pensiun,1,Danau Kelimutu,1,Danau Tiga Warna,1,Degradasi Pancasila,1,Desa Fatunisuan,1,Doktor Filsafat dari Nagekeo,1,DPO Kasu Vina,1,DPRD Nagekeo,2,Dr. Sylvester Kanisius Laku,1,Elon Musk,1,Ende,3,Erupsi Gunung Lewotobi,2,Euro 2024,1,Film Vina,1,Flores,1,Flores NTT,1,Flores Timur,1,GABK,1,Gen Z,1,GPIB,1,Gubenur NTT,1,Gubernur NTT 2024,1,Gugat Cerai,1,Gunung Kelimutu,1,Gunung Lewotobi,2,Guru Remas Payudara,1,Hari Lahir Pancasila,1,Hasil Pertandingan Spanyol vs Kroasia,1,Hendrik Fonataba,1,Hukrim,23,Hukum-Kriminal,7,Humaniora,136,Insight,15,Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus,1,Jual Beli Tanah,1,Kadis Koperasi,1,Kaka Ansy,1,Kakek Sabono,1,Kata-Kata Elon Musk,1,Kata-Kata Inspiratif,2,Kejati NTT,2,Kekerasan Seksual di NTT,1,Keluarga Onsu,1,Kepsek di Rote Ndao,1,Kepsek di TTU,1,Keuskupan Labuan Bajo,1,Keuskupan Maumere,1,KKB,1,Komodo,1,Komuni Pertama,1,Korban Longsor,1,Kota Kupang,1,Kunjungan Paus ke Indonesia,1,Labuan Bajo,1,Lemondial Business School,1,Liga Champions,1,Longsor di Ende,1,Longsor di Flores,1,Longsor di Nagekeo,1,Mafia Tanah,1,Malaysia,1,Mama Sindi,1,Maumere Viral,1,Max Regus,1,Megawati,1,Megawati ke Ende,1,Mesum Dalam Mobil,1,Model Bali,1,Nagekeo,1,Nasional,45,Nenek Tenggelam,1,Nona Ambon,1,Pamulang,1,Panti Asuhan Naungan Kasih,1,Papua,1,Pariwisata,6,Paroki Nangahure,1,Pastor Paroki Kisol,1,Pater Budi Kleden SVD,1,Paulus Budi Kleden,2,Paus Fransiskus,2,Pegi alias Perong,2,Pegi Setiawan,2,Pekerja NTT di Malaysia,1,Pelaku Penikaman,1,Pemain Naturalisasi,1,Pemerkosaan Guru,1,Penggerebekan,1,Pensiunan Bank NTT,1,Piala Liga Champios,1,Pilgub NTT,1,Pilkada NTT,1,Pj Bupati Nagekeo,2,PMI NTT,1,Politik,3,Polres Sikka,1,Polresta Kupang Kota,1,Putra Nagekeo,1,Raimudus Nggajo,2,Raja UCL,1,Rasis NTT,1,Rekonsiliasi Kasus Pamulang,1,Remi Konradus,1,Romo Gusti,1,Romo Max Regus,1,Rote Ndao,1,Ruben Onsu,2,Sabono dan Nona Ambon,1,Sarwendah,2,Sengketa Lahan,1,Shayne Pattyanama,1,Sikka,1,Solar Panel Listrik,1,Spanyol vs Kroasia,1,Status Gunung Kelimutu,1,STF Driyarkara,1,Sumba,1,Sumba Tengah,1,Survei Charta Politika,1,Suster Inosensi,1,Tanah Longsor,1,Tenaga Kerja NTT,1,Tersangka EP,1,TPNPM-OPM,1,TTU,2,Universalia,3,Uskup Agung Ende,3,Uskup Baru,3,Uskup Labuan Bajo,2,Uskup Max Regus,1,Veronika Lake,1,Video Panas,1,Vina Cirebon,2,Viral NTT,1,Wanita Open BO,1,Yohanis Fransiskus Lema,3,
ltr
item
Si Anak Aren: Gercep, Ansy Lema Sudah Kantongi Nama Cawagub yang Sesuai 4 Kriteria 'TAS'
Gercep, Ansy Lema Sudah Kantongi Nama Cawagub yang Sesuai 4 Kriteria 'TAS'
Ansy Lema mengatakan sudah mengantongi nama Cawagub yang akan mendampinginya di Pemilihan Gubernur NTT periode 2024-2029.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdP53pegyde2610CrbrUPLk-lzNeCA5pXoUWQbRsaEFs_ijftUrVDJRntXA80mKNbI5m0GWZEQUAQ5H8ZnA12GKz0_ehpLkH21amWpreeBWuHZC5Lp48AGSL8ZeyfkwlQBkca6vPfas1iX-FXjJe3xbWieT44Y4CSUMYpmcX1ZQz7xWI0fY4ozyUx9FUc/w650-h366/Ansy%20Lema%20Sudah%20Kantongi%20Nama%20Cawagub%20yang%20Sesuai%204%20Kriteria%20'TAS'.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdP53pegyde2610CrbrUPLk-lzNeCA5pXoUWQbRsaEFs_ijftUrVDJRntXA80mKNbI5m0GWZEQUAQ5H8ZnA12GKz0_ehpLkH21amWpreeBWuHZC5Lp48AGSL8ZeyfkwlQBkca6vPfas1iX-FXjJe3xbWieT44Y4CSUMYpmcX1ZQz7xWI0fY4ozyUx9FUc/s72-w650-c-h366/Ansy%20Lema%20Sudah%20Kantongi%20Nama%20Cawagub%20yang%20Sesuai%204%20Kriteria%20'TAS'.jpg
Si Anak Aren
https://www.sianakaren.com/2024/06/gercep-ansy-lema-sudah-kantongi-nama-cawagub-yang-sesuai-4-kriteria-tas.html
https://www.sianakaren.com/
https://www.sianakaren.com/
https://www.sianakaren.com/2024/06/gercep-ansy-lema-sudah-kantongi-nama-cawagub-yang-sesuai-4-kriteria-tas.html
true
135189290626829409
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy